Friday, April 29, 2011

performa suzuki shogun


Engine Performance

Daya maksimum, akselerasi prima, dan responsif pada kecepatan tinggi, menjadikannya paling unggul di kelasnya.



Perbandingan tenaga dan torsi mesin FL125 & FD125 X



Keunggulan:

Penyempurnaan efisiensi pada ruang pembakaran


dan 'intake' (saringan pemasukan BBM), mampu mengoptimalkan tenaga dan torsi pada rpm tinggi, serta menjadikan mesin bertenaga besar pada setiap tingkat kecepatan.










Peningkatan Efisiensi Ruang Pembakaran

Peningkatan efisiensi ruang pembakaran, mampu mengoptimalkan kemampuan mesin (akselerasi, daya maksimum)






Keunggulan :

Untuk mendapatkan efisiensi ruang pembakaran dilakukan dengan penyempitan sudut katup pada cylinder head serta pembesaran pembukaan katup intake dan exhaust.

Sudut katup Cylinder head


Sudut katup diperkecil dari (FD12 X) 28

Cam profiles


Pembesaran valve lift dari IN 6,1 mm & EX 5,8 mm (FD125 X) menjadi IN 7,0 mm & EX 6,1 mm, mempengaruhi cam timings.




Perbandingan :


Suzuki New FL125 Series
Suzuki FD125 X
Sudut katup (IN)
24°
28°
Sudut katup (EX)
26°
32°
Rasio kompresi
9,6 : 1
9,5 : 1
Cam profile (max. lift, IN)
7,0 mm
6,1 mm
Cam profile (max. lift, EX)
6,6 mm
5,8 mm






Peningkatan Efisiensi Intake (saluran masuk BBM)

Peningkatan efisiensi intake mampu meningkatkan performa mesin (khususnya akselerasi).






Keunggulan :

Tube 'outlet air cleaner' diperpendek agar 'intake' lebih efisien.

Panjang tube outlet air cleaner.


Ukurannya diperpendek, dari semula 100 mm menjadi 45 mm, membuat kinerja mesin tetap mampu melesat di kecepatan tinggi, serta memberi tenaga lebih besar pada rpm rendah dan sedang.




Perbandingan :


Suzuki New FL125 Series
Suzuki FD125 X
Air cleaner outlet-tube length
45 mm
100 mm









Irit Bahan Bakar

Penghematan BBM dapat dilakukan berkat penyempurnaan kerjasama antara posisi throttle switch yang berakibat merubah ignition timing dan penggunaan gear ratio lebih tinggi.



Bagan sistem posisi throttle switch



Keunggulan :

Guna meningkatkan performa, termasuk akselerasi cepat dan kecepatan maksimum, penggunaan BBM bisa dihemat melalui throttle position switch dan penyesuaian gear ratio.

Switching ignition timing


Pengaturan throttle position diterapkan pada karburator sehingga mengubah ignition timing (waktu pengapian) dan menghemat BBM.

Gear ratios


Gear ratio yang lebih tinggi memungkinkan mesin tetap bertenaga meski rpm rendah. Misalkan, untuk mesin FL125, kecepatan 100 km/j posisi gigi IV akan tercapai pada 8.300 rpm, sedangkan pada FD 125 X untuk kondisi yang sama baru dapat tercapai di 8.600 rpm.



Perbandingan :


Suzuki New FL125 Series
Suzuki FD125 X
rpm mesin (100 km/j, gigi 4)
8.300 rpm
8.600 rpm
Konsumsi bahan bakar pada kecepatan konstan 50km/j
58,0 km/ltr
55,0 km/ltr












Perpindahan Gigi yang Halus

Perpindahan gigi yang halus dan mudah dioperasikan meningkatkan kenyamanan berkendara serta membuat akselerasi lebih lembut.






Keunggulan :

Perpindahan gigi yang halus ini bisa tercapai melalui penyempurnaan sistem transmisi secara menyeluruh (termasuk gigi transmisi, as pemindah gigi dan garpu pemindah gigi).

Gigi Transmisi


Perubahan bentuk gigi penghubung (Dog teeth) mengurangi



kegagalan pada proses penggabungan sehingga hasilnya akan terasa lebih halus.


Perpindahan gigi penghubung akan mengurangi getaran.




As pemindah gigi


Pada FDb 125 X, jarak antara shift-cam dan shift-shaft cukup



auh, sehingga untuk penghubung dibutuhkan as pemindah gigi panjang. Sedangkan pada FL125, jarak itu lebih pendek, sehingga hanya dibutuhkan as pemindah gigi pendek, yang bisa dikombinasikan dengan komponen lain, membuat as pemindah gigi lebih efisien.


Bearing diperlukan untuk menyerap beban dari shift-shaft.











Garpu pemindah gigi


Bagian permukaan shift section diperhalus guna mengurangi gesekan.


Modifikasi pada pin shape untuk mencegah efek kemacetan.










Rendah Emisi (Secondary Air-Injection System)

Membakar kembali sisa bensin yang tidak terbakar dan mengurangi emisi.





Diagram sistem air-injection kedua




Keunggulan :

Telah menggunakan secondary air-injection system.

Sistem PAIR (Pulsed Secondary Air-injection) pada Suzuki akan mentransfer udara bersih ke dalam saluran


pembuangan sehingga akan mengurangi gas hidrokarbon (HC) dan emisi CO.



Perbandingan :


Suzuki New FL125 Series
Suzuki FD125 X
Secondary air-injection system
Ya
Ya






Getaran yang rendah

Pengoperasian dengan getaran yang minim, mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.



New Balancer FL 125



Keunggulan:

Single shaft primary balancer

Penggunaannya mampu meredam getaran secara optimal.

Perbandingan


Suzuki New FL125 Series
Produk lain
Suzuki FD125 X
Balancer
Dilengkapi
Tidak dilengkapi
Tidak dilengkap









Dimensi Chassis

Dimensi chassis yang dirancang kompak agar ramping dan lincah.





Dimensi chassis FL125




Perbandingan :


Suzuki New FL125 Series
Produk lain
Suzuki FD125 X
SD
RCD / RCDM
XSD
XRM
Panjang keseluruhan (mm)
1905
1889
1911
Tinggi keseluruhan (mm)
1075
1074
1072
Lebar keseluruhan (mm)
715
702
705
Jarak sumbu (mm)
1220
1242
1240
Jarak terendah (mm)
135
136
140
146
Berat (kg)
107
108
100
96.7*
99*

* Berat Kosong

No comments:

Post a Comment