Friday, April 29, 2011

satria r 120 and satria 150 dohc

satria r 120 and satria 150 dohc

Ok, saya beri judulnya demikian karena inilah satu-satunya produk Suzuki yang dinamai dengan bahasa Indonesia. Selebihnya, line up “satu perguruannya” dinamakan dengan nama-nama yang berbau budaya bangsa lain, mulai dari Tornado GS, Tornado GX, Shogun, Arashi, Skywave, Smash, Tunder dan sebagainya. Bahkan hingga sekarangpun SATRIA lah satu-satunya produk Suzuki yang masih memegang kearifan lokal budaya bangsa Indonesia.
Ketertarikan saya tidak berhenti sampai di situ, kearifan lokal yang disuguhkan Suzuki di sini ternyata tidak sekedar sebutan semata. Suzuki membekali Sang Kesatria dengan ajian-ajian mandraguna yang menyebabkan dia menjadi bebek sakti mandragate!!
Menurut subjektif saya, Suzuki adalah produsen roda dua di Indonesia yang mampu menelurkan bebek-bebek paling keren sejagad raya. Di antara sekian banyak klan bebek saktinya, SUZUKI SATRIA lah yang paling memikat hati saya.
Sewaktu SMA, pernah terlontar niat saya, mengajukan proposal kepada “gaek” saya (red: orang tua) untuk membelikan saya motor bebek high performance ini. Tapi dikarenakan alasan bensin-nya yang sangat boros akhirnya niat itupun dilontarkan orangtua saya jauh-jauh dari mimpi dan angan-angan saya (dilontarin pake pelontar roket sampe ke bulan). Nasib..nasib..Hehe..
Sebagai gantinya, saya memperoleh Yamaha Jupiter Z. Not Bad sih, tapi untuk speed, motor ini harus bertekuk-lutut di bawah kedigjayaan Suzuki Satria (minjem kata2 teman saya : notabenenya 2 motor ini memang tidak bisa dibandingkan secara apple to apple)
Kembali ke Satria..
Setelah sempat berevolusi dari bodi yang agak mengkotak menjadi mode serba lengkung pada Satria L “Satria Agresif”, pihak Suzuki akhirnya melakukan restorasi besar-besaran terhadap kekaisaran Satria..(lebih tepat di Indonesia kalo disebut padepokan ke-Satria)
Satria yang tadi 2 tak di transform jadi 4 tak, Satria yang tadi bebek dikutuk jadi ayam jago. Meski saya tidak bisa mengatakan Satria baru ini lebih jago dari moyangnya, tetapi tuntutan jaman yang mengarah pada budaya peduli lingkungan mau gak mau harus memaksa Suzuki berinovasi tiada henti menciptakan motor bebek yang perkasa namun tetap ramah lingkungan (FYI slogan Suzuki sekarang: ride the winds of change)
Perkembangan satria dari masa ke masa
1.Satria 120 R/S


2.Satria LSCM (Satria Hiu)


3.Satria FU 150 (Satria Ayam Jago)


Berikut saya copas dari Babad 150f sekilas info tentang Suzuki Satria 2 tak :
Suzuki Satria 120 RU spec
ENGINE
: 2 stroke,single cylinder,air cooled
BORE X STROKE
: 56 x 49 mm
COMPRESION RATIO
: 7.0 : 1
CARBURETOR
: mikuni VM 20 ss
IGNITION
: dc. cdi
NET WEIGHT
: 101 kg
MAX POWER
: 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
MAX TORQUE
: 1,50 kgmf @ 7000 rpm
INTAKE SYSTEM
: reed valve
TRANSMISION
: 5 speed (satria 120 s)
: 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )
RIWAYAT HIDUP
- RU 120 LD (satria 120 s) 1997 – 2002
- RU 120 LU (satria 120 R) 1998 – 2005
- RU 120 LSCM (new satria 120 R) 2003 – 2005
BIKE NICK NAME
- satria lumba-lumba (satria 120 s, satria 120 R sebelum LSCM)
- satria hiu (satria new 120 RU LSCM)
NAMA LAIN DI ASIA
- suzuki RGX 120
- suzuki RGV 120
- suzuki Stinger 120

Sekilas Info Suzuki Satria 150 4 tak :

Spesifikasi:
* Panjang Keseluruhan : 1.940 mm
* Lebar keseluruhan : 652 mm
* Tinggi keseluruhan : 941 mm
* Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
* Tinggi tempat duduk : 764 mm
* Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
* Berat Kosong : 95 Kg
MESIN :
* Tipe : 4 Tak, DOHC 4 Valve, Air Cooled with SACS
* Jumlah Silinder : 1 (satu)
* Diameter Silinder : 62 mm
* Langkah Piston : 48.8 mm
* Kapasitas Silinder : 147.3 cm3
* Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
* Daya Maksimun : 16.0 Ps / 9.500 rpm
* Torsi Maksimum : 1.27 kgm / 8.500 rpm
* Karburator : MIKUNI BS 26-187
* Saringan Udara : Jenis Kertas
* Sistem Starter : Kaki
* Sistem Pelumasan : Peredaman Oli
TRANSMISI :
* Kopling : Manual Plat majemuk tipe basah
* Transmisi : 6 speed constant mesh
* Arah perpindahan gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
* Rantai penggerak : DID 428 DS, 122 mata
RANGKA :
* Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
* Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
* Sudut Setir : 45 derajat (kanan & kiri)
* Radius Putar : 2.0 m
* Rem Depan : Cakram
* Rem Belakang : Cakram
* Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
* Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S
SISTEM LISTRIK :
* Sistem pengapian : CDI
* Busi : NGK CR8E atau Denso U24ESR-N
* Accu : 12 Volt 2.5 Ah 10 HR
KAPASITAS :
* Tangki bahan bakar : 4.9 liter
* Oli mesin : 1.000 ml
* Dengan penggantian saringan oli : 1.100 ml
Sepertinya sekian dulu nostalgia kita dengan Suzuki Satria, berikutnya saya akan coba merangkum informasi lebih detail untuk motor-motor keluaran Suzuki lainnya. Semoga bermanfaat!!

No comments:

Post a Comment